JAWABAN UTS PTI
JAWABAN NO. 1
a. Kata
Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan sainstifik ke
praktis atau alat yang mampu untuk mempermudah atau memperlancar suatu
pekerjaan dapat berupa perangkat, baik itu perangkat keras maupun perangkat
lunak.
b. Kata Informasi adalah data yang terstruktur hasil olahan :
Kesimpulannya
bahwa Teknologi Informasi adalah penggabungan antara teknologi dan Informasi
yang menghasilkan makna baru .
2.
Perkembangan Teknologi Informasi dilihat
dari Sejarah Teknologi Informasi adalah
·
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan
perkembangan cara penyampaian informasi ( yang selanjutnya dikenal dengan
istilah Teknologi Informasi )
·
Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding goa, peletakkan tonggak
sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang
kemudian dikenal dengan nama internet.
·
Informasi yang disampaikanpun berkembang dari sekedar
menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur.
Ø
MASA PRA-SEJARAH ( ....s/d 3000 SM )
Teknologi Informasi pada saat ini
berfungsi untuk pengenalan bentuk
Dan menggambarkan informasi yang
mereka dapatkan pada dinding-dinding gua.
Ø
SEJARAH TAHUN 3000 SM
Untuk yang pertama kali tulisan yang
digunakan oleh bangsa Sumeria
Dengan menggunakan simbol-simbol yang
dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Ø
SEJARAH TAHUN 2900 SM
Penggunaan huruf Hieorogliph pada masa Mesir Kuno.
Ø
TAHUN 500 SM
Serat Papyrus digunakan sebagai
kertas.
Ø
TAHUN 105 M
Bangsa Cina menemukan kertas
2. Masa Modern (1400 M s.d.
Sekarang)
a. Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg
mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi
dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis
program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage
menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan
data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin
ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara
kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
c. Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse
mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook
dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk
mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik
melalui kabel tunggal. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis
yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti
surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.
d. Tahun 1877
Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan
dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada
1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan
sistem pemanggilan nama.
Kartu Perforasi
e. Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu
perforasi untuk melakukan penghitungan. Biro Sensus Amerika Serikat 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan... Dengan
menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam
minggu. f. Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah
kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. g. Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu
oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital
pertama. h. Tahun 1973 – 1990
Pada 1981, National Science Foundation
mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk
setiap institusi dalam pemerintahan.
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol
rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang
kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah
server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN,
dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan
menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
i. Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi
ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi
biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan
diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN.
Macam
Macam Komponen Teknologi Informasi
Hardware, Software, Brainware
Komponen Teknologi
Informasi
merupakan sub sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi.
Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi,
umumnya dibutuhkan setidaknya tiga komponen uta
ma; perangkat
keras (hardware), perangkat lunak (software),
dan manusia (brainware). Untuk perangkat
telekomunikasi diasumsikan termasuk dalam komponen
hardware.
Perangkat
keras disini merupakan perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi.
Contoh perangkat
keras disini misalnya, monitor,
keyboard, mouse, printer, harddisk, memori, mikroprosesor, CD-ROM, kabel jaringan,
antenna telekomunikasi, dan lain-lain. Untuk teknologi
perangkat keras akan dibahas lebih mendalam pada tulisan berikutnya pada categori
Teknologi Perangkat Keras, Teknologi
Perangkat Input dan Teknologi
Perangkat Output.
Perangkat lunak
disini merupakan program yang dibuat untuk keperluan khusus. Perangkat lunak dapat
dibagi menjadi tiga; perangkat lunak
sistem, perangkat
lunak bahasa pemrograman, dan perangkat lunak
aplikasi.
Perangkat lunak
sistem merupakan perangkat
lunak yang dibuat khusus untuk dapat mengontrol semua perangkat
keras, sehingga semua perangkat
keras teknologi
informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai sebuah sistem yang utuh. Perangkat lunak
sistem lebih dikenal dengan sebutan sistem operasi.
Misalnya: Sistem Operasi Windows, Linux, Unix, OS/2, dan FreeBSD. Perangkat
lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk
membuat program aplikasi maupun perangkat lunak
sistem. Misalnya: Visual Basic, Delphi, Turbo C, Fortran, Cobol, Turbo
Assembler,
Java. Sementara perangkat lunak
aplikasi merupakan
program jadi siap pakai yang
dibuat untuk keperluan khusus. Misalnya untuk keperluan multimedia ada
perangkat lunak Jet Audio, Windows Media Player, WinAmp, Real Player. Untuk
keperluan aplikasi perkantoran ada Microsoft Office dan Open Office yang
terdiri atas beberapa program untuk berbagai keperluan seperti pengolahan kata,
angka, data, dan presentasi. Untuk lebih lengkapnya topik perangkat lunak ini
akan dibahas lebih detail pada Categori Teknologi
Perangkat Lunak.
Sementara brainware atau orang
merupakan pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Tanpa komponen ini
perangkat keras dan perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa.
Klasifikasi
Teknologi Informasi Berdasarkan Ukuran
Super Komputer
Super Komputer
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki
kecepatan proses paling cepat.
Mainframe
Mainframe
Mainframe/ bisa
juga disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada
perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat
besar.
Workstation
Komputer
Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di
komputer ini segala pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai
kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit..
Mikro Komputer
Komputer mikro
adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user
atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan
periferal card untuk koneksi jaringan atau internet.
5. Microcontroller Mikrokontroler atau sering disebut sebagai embedded
computer merupakan mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa
dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat
diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah Motorola dan Texas
Instrument.
Peran Teknologi Informasi
Peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari sangat
penting. Karena perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga kebuutuhan
masnusia akan teknologi juga semakin banyak. Salah satu saat ini yang
memanfaatkan teknologi informasi adalah perushaan.
. Peran teknologi informasi bagi sebuah perusahaan dapat kita
lihat dengan menggunakan kategori yang diperkenalkan oleh G.R. Terry, ada 5
peranan mendasar teknologi informasi di sebuah perusahaan, yaitu:
1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
2. Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi
ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler
dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi
para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah
keputusan penting sehari-harinya..
4. Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
5. Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain.
MANFAAT Teknologi Informasi adalah:
Teknologi informasi dan komunikasi atau yang
biasa disingkat TIK itu sangatlah berperan penting buat kehidupan manusia.
Selain sebagai sebuah Media Informasi, mempercepat komunikasi, TIK juga dapat
membantu meringankan urusan-urusan kita dalam menyelesaikannya.
JAWABAN NO. 2
Pengertian komputer secara umum
Apa itu komputer ? .. Pengertian komputer
secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat
elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama
membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis
berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga
dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang
ada.Pengertian Sistem Komputer
Pengertian sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras
Pengertian sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras
JAWABANNO.3
Perangkat keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang
berbentuk fisik (dapat disentuh). Perangkat komputer sendiri dibedakan menjadi
dua yaitu perangkat keras dan perangkat lunak istilah asingnya yaitu Hardware
(perangkat keras) dan Software (Perangkat lunak). Harware sendiri berfungsi
dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya.
Agar proses pembelajaran mengenai komputer lebih terarah adapun pengelompokan
harware agar lebih mudah sesuai dengan fungsinya pada komputer. Berikut ini
pengelompokan perangkat keras komputer agar lebih mudah dipahami:
1. Input Device : Perangkat input / masukan
2. Process Device : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3. Output Device : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem
keluar
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan
INPUT DEVICE
- Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
- Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
- Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop..
PROCESS DEVICE
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
OUTPUT DEVICE
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
- Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
- Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
- Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya
STORAGE
DEVICE
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
JAWABAN NO. 4.
Pengertian Software
Nama lain dari Software adalah
perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun
berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika
perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh
secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat
disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik
dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.
Pengertian
Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan
diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat
berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui
sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat
menjalankan suatu perintah.
Software atau
perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa
macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free
software, shareware, adware) .
contoh software berbayar ini
misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop,
dan lain-lain
contoh utama adalah suite
browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL
(Free Software).
Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
JAWABAN NO. 5
Multimedia Dan Kaitannya dengan Pembelajaran
Multimedia
berasal dari kata multi dan media. Multimedia berarti banyak media (berbagai
macam media), dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi
dari komputer dan video. Berikut ini adalah kumpulan pengertian multimedia berdasarkan
berbagai sumber:
- Menurut Rosch dalam buku M.Suyanto (2005:20) multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks
- Menurut McCormick dalam buku M.Suyanto (2005:21) Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audeo (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
- Menurut Turban dkk, dalam buku M.Suyanto (2005:21) multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video, dengan kata lain multimedia dapat diartikan sebagai seperangkat media yang merupakan kombinasi dari beberapa media yang relevan dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan instruksional.
- Sedangkan menurut Hofstetter dalam buku M.Suyanto (2005:21)
multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audeo, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan dan tool yang memungkinkan pemakaian melakukan
navigasi, berekreasi dan berkomunikasi.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, maka sekarang ini semakin banyak pula perangkat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sebagai contoh adalah perangkat komputer. Perangkat ini telah dilengkapi dengan sound card dan CD-Rom yang telah memenuhi syarat sebagai suatu perangkat multimedia, dan dapat dikategorikan sebagai media audio visual.
Penggunaan teknologi multimedia akan sangat membantu dalam upaya meningkatkan motivasi siswa, eksplorasi dan peningkatan materi pelajaran di sekolah ataupun kurikulum. Aplikasi teknologi multimedia dapat berupa tutorial, simulasi, virtualisasi dan semuanya yang dianggap sebagai penunjang untuk mempermudah mendapatkan informasi, transmisi, analisis data dan pengerjaan tugas rutin secara otomatis.
Pengembangan multimedia yang berkualitas menghendaki satu tim yang
terdiri dari beberapa ahli, seperti: akademisi untuk menyajikan materi;
desainer pembelajaran untuk merancang pendekatan yang akan dipakai,
animator/ahli grafis yang akan merancang visual animasi, bagian produksi yang
menyiapkan audio dan klip video dan programmer
Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran n
Pada dasarnya salah satu tujuan dari pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan multimedia adalah sedapat mungkin menggantikan dan melengkapi
tujuan, materi, metode dan alat penilaian yang ada dalam proses belajar
mengajar dalam sistem pembelajaran konvensional. Dengan penerapan multimedia
ini diharapkan akan mampu memberikan perubahan dalam suasana belajar, sehingga
dapat menimbulkan motivasi khususnya dalam mengikuti pembelajaran sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Aspek multimedia yang dimiliki komputer dapat memberikan rangsangan atau stimulus dalam belajar. Perubahan suasana dalam proses pembelajaran seperti pengadaan animasi gambar yang menarik dan mengarah pada mata diklat, serta iringan musik yang menyertai gambar-gambar dan interaksi yang dibuat, diharapkan dapat dijadikan alternatif untuk membuat siswa lebih termotivasi untuk berkonsentrasi dalam belajar. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa, "We hear we forget, we see we remember, we do we understand.” Mengacu dari ungkapan inilah bahwa jika dalam proses pembelajaran guru memberikan materi didukung dengan perangkat multimedia, maka sangat memungkinkan ingatan siswa akan lebih lama dan memahami materi-materi yang telah diajarkan guru mata diklat.
Aspek multimedia yang dimiliki komputer dapat memberikan rangsangan atau stimulus dalam belajar. Perubahan suasana dalam proses pembelajaran seperti pengadaan animasi gambar yang menarik dan mengarah pada mata diklat, serta iringan musik yang menyertai gambar-gambar dan interaksi yang dibuat, diharapkan dapat dijadikan alternatif untuk membuat siswa lebih termotivasi untuk berkonsentrasi dalam belajar. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa, "We hear we forget, we see we remember, we do we understand.” Mengacu dari ungkapan inilah bahwa jika dalam proses pembelajaran guru memberikan materi didukung dengan perangkat multimedia, maka sangat memungkinkan ingatan siswa akan lebih lama dan memahami materi-materi yang telah diajarkan guru mata diklat.
JAWABAN NO.6
Internet Dan Kaitannya dengan Pembelajaran
Dalam beberapa forum resmi
maupun tidak resmi, juga melalui berbagai media cetak, elektronik, maupun
online, telah dikemukakan betapa pentingnya penggunaan internet untuk menunjang
proses pembelajaran. Ada tiga bentuk sistem pembelajaran melalui Internet yang
layak dipertimbangkan sebagai dasar pengembangan sistem pembelajaran dengan
mendayagunakan internet yaitu: (1) Web Course, (2) Web Centric Course, dan (3; Web Enhanced Course
(Haughey, 1998).
Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, di mana seluruh bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya disampaikan melalui internet. Siswa dan guru sepenuhnya terpisah, namun hubungan atau komunikasi antara peserta didik dengan pengajar bisa dilakukan setiap saat. Dengan bentuk ini maka pusat kegiatan belajar bergeser dari kegiatan kelas menjadi kegiatan melalui internet Sama dengan bentuk -web course,, siswa dan guru sepenuhnya terpisah tetapi pada waktu-waktu yang telah ditetapkan mereka bertatap muka, baik di sekolah ataupun di tempat-tempat yang telah ditentukan
Web Course, ialah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, di mana seluruh bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya disampaikan melalui internet. Siswa dan guru sepenuhnya terpisah, namun hubungan atau komunikasi antara peserta didik dengan pengajar bisa dilakukan setiap saat. Dengan bentuk ini maka pusat kegiatan belajar bergeser dari kegiatan kelas menjadi kegiatan melalui internet Sama dengan bentuk -web course,, siswa dan guru sepenuhnya terpisah tetapi pada waktu-waktu yang telah ditetapkan mereka bertatap muka, baik di sekolah ataupun di tempat-tempat yang telah ditentukan
Penerapan bentuk ini sebagaimana
yang dilakukan pada perguruan tinggi-perguruan tinggi yang menyiapkan sistem
belajar secara off campus.Dengan demikian, kita sebenarnya tidak perlu dilanda
kebingungan memikirkan program-program yang sulit agar bisa menggunakan
internet dalam pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar